You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Tanah Abang

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Sosialisasi Kegiatan "PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L)" KWT MAWAR Desa Tanah Abang


Sosialisasi Kegiatan

 

Pada tanggal 18 Juli 2024,  Dinas Pertanian Kabupaten Banjar mngadakan sosialisasi P2L (Pekarangan Pangan Lestari) KWT MAWAR Desa Tanah Abang  dari sebuah acara penting yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pangan dan pendapatan keluarga sekaligus menurunkan angka stunting di desa tersebut. Dalam rangka Sosialisasi Kegiatan "Pekarangan Pangan Lestari (P2L) KWT MAWAR", Dinas Pertanian Kabupaten Banjar turut serta memberikan penyuluhan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar. Program P2L menjadi fokus utama dalam upaya menciptakan pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman bagi masyarakat Desa Tanah Abang. Melalui kerjasama yang erat antara Dinas Pertanian dan KWT Mawar, diharapkan mampu membangun kesadaran akan pentingnya menjaga keberagaman hasil pertanian serta menyediakan pangan yang sehat bagi seluruh keluarga.

Dalam acara sosialisasi tersebut, para petani dan anggota KWT Mawar diberikan pemahaman mendalam mengenai teknik bercocok tanam yang ramah lingkungan, penggunaan pupuk organik, serta cara menjaga keberlanjutan produksi pangan di pekarangan masing-masing. Langkah-langkah konkret juga dipaparkan guna meningkatkan hasil panen sekaligus mendiversifikasi jenis tanaman yang ditanam. Selain manfaat langsung terhadap gizi dan kesehatan keluarga, program ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga petani. Dengan lebih terampil dalam mengelola kebun dan pekarangan, diharapkan petani bisa memperoleh hasil yang lebih baik sehingga secara ekonomi dapat meraih kesejahteraan yang lebih baik pula.

Sosialisasi P2L ini juga menjadi langkah awal dalam perjuangan menurunkan angka stunting di Desa Tanah Abang. Dengan memberdayakan masyarakat dalam hal pangan, diharapkan bahwa masalah gizi buruk dan stunting dapat diminimalkan, bahkan dieliminasi dari desa tersebut. Melalui kolaborasi antara Dinas Pertanian Kabupaten Banjar dan KWT Mawar, diharapkan Desa Tanah Abang akan semakin subur dengan keberagaman pangan yang bergizi. Program seperti ini tidak hanya tentang menanam bibit, tetapi juga menanam harapan akan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%