You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Tanah Abang

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Jangan Lupa Pakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak

Seni Budaya Kuntau Harimau Muda desa Tanah Abang memiliki Ciri khas tertentu "Jurus Bangkui"


Seni Budaya Kuntau Harimau Muda desa Tanah Abang memiliki Ciri khas tertentu

Tanahabang.Banjarkab.go.id - Desa selalu menyimpan keunikannya tersendiri. Tak hanya soal kearifan lokal masyarakat setempat, letak geografis dari desa wisata juga bisa menjadi daya tarik wisata.

kearifan lokal dari desa dapat menarik kunjungan wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.
Desa Tanah Abang yang terletak di Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar memiliki kearipan lokal yang harus dilestarikan salah satunya Kuntau

Dikutip dari Wikipedia, Kuntao atau kuntau adalah istilah dalam bahasa Hokkien untuk seni bela diri yang diciptakan oleh komunitas Tionghoa di Asia Tenggara, khususnya Kepulauan Melayu. Secara harfiah berarti "jalan kepalan", kata kuntao lebih akurat diterjemahkan sebagai "seni perang".
Meskipun paling sering dipraktikkan di Malaysia (khususnya Kalimantan), Indonesia, Singapura, dan Filipina. Ini merupakan seni bela diri Tiongkok yang dibawa oleh pedagang, buruh, dan pemukim lainnya dari Cina Selatan. Gaya harus disesuaikan dengan medan yang berbeda, bersaing gaya lokal dan berkelahi dengan senjata lokal. Banyak (jika tidak sebagian besar) gaya kuntao telah memasukkan teknik dari silat dan beberapa membentuk bahkan mengubah nama mereka dari "kuntao" menjadi "silat".

Ada perbedaan Kuntau di setiap daerah, Desa tanah abang sendiri memiliki ciri khusus pada seni bela diri yg disebut kuntau ini.

Samit Ariyadi Anggota dari Kuntau HARIMAU MUDA  Desa Tanah Abangdan juga menjabat Kepala lingkungan di Desa menjelaskan bahwa Kuntau ini merupakan Seni Bela diri dan juga Pagelaran seni budaya untuk masyarakat. Kelompok Kuntau Harimau muda sering mengadakan pertunjukan di desa hingga ke desa tetangga, dari pagelaran kuntau Harimau Muda yang mencuri perhatian  penonton dan memiliki Ciri khas tertentu Kuntau Harimau Muda, dari beberapa jurus yang ditunjukan  ada satu jurus tertentu yang sering dinantikan penonton yaitu Jurus Bangkui yang bisa membuat galak tawa penonton.

"Group Kuntau Harimau Muda ini menjadi wadah Masyarakat khususnya juga Pemuda pemudi Desa Tanah Abang dalam menjaga dan melestarikan Seni Budaya Bela diri  khususnya Kuntau yang merupakan peninggalan leluhur" Ucapnya

Samit Menambahkan bahwa bela diri kuntau ini untuk menjaga diri, tidak untuk dipamerkan. Melihat dari sisi tujuann group Kuntau Harimau Muda ini lebih mengarah memperluas jaringan dan persahabatan serta menjadi salah satu seni budaya untuk menghibur masyarakat.

"menjadi suatu harapan kami pemuda pemudi desa tanah abang untuk selalu mencintai dan melestarikan budaya banjar yang merupakan peninggalan Leluhur"Tuturnya (Ch)

 

 

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar

APBDes 2021 Pelaksanaan

Rp967 Rp1,060
91.21%
Rp41 Rp41
100%

APBDes 2021 Pendapatan

APBDes 2021 Pembelanjaan

Rp385 Rp396
97.34%
Rp354 Rp420
84.26%
Rp10 Rp10
100%
Rp38 Rp45
84.25%
Rp179 Rp188
95.02%